Perangkat lunak smartphone blackberry

Jenis-jenis Nada Telepon dalam Sistem Telekomunikasi

Telepon secara umum telah diketahui berfungsi untuk mengirimkan suara, tetapi dengan perkembangan teknologi dan informasi fungsi telepon juga dapat sebagai komunikasi data.

Pada dasarnya telepon memiliki sebuah mikrophone sebagai pengirim suaran dan speaker sebagai penerima suara, yang dihubungkan oleh kabel tembaga untuk lalu lintas data dalam sentral telepon.

Tegangan telepon yang aktif sekitar 28V agar dapat mencatu telepon sampai beberapa kilometer, sehingga meskipun mengalami rugi tegangan tidak mempengaruhi telepon.

Jenis-Jenis Nada Telepon
  1.  Dialing Node (Nada Pilih) : nada yang dikirimkan oleh sentral pesawat telepon sebagai tanda bahwa jaringan siap digunakan. Nada terjadi ketika kita mengangkat telepon ketika hendak melakukan panggilan.
  2. Dial (Rotary Dial, Push Button Dial) : ketika menekan tombol tertentu, maka telepon mengirimkan sinyal ke nomor sentral. Nada dikirim dalam bentuk pulsa pulsa.
  3. Ringing Back Tone (Nada Panggil Balik) : terjadi jika nomor pelanggan yang dipanggil telah berdering.
  4. Busy Tone (Nada Sibuk) : terjadi ketika pesawat telepon yang dituju sedang sibuk.
  5. Reorder Tone (Nada Gangguan) : terjadi ketika pesawat telepon pelanggan terjadi gangguan. Putus, hubungan singkat dan sebagainya.
  6. Ringing Tone (Nada Dering) : dikirimkan ke sentral pesawat telepon pelanggan yang dipanggil. Mengaktifkan bel pada telepon.
  7. Call Waiting (Nada Tunggu) : terjadi ketika adanya interupsi atau panggilan lain ketika telepon dipakai.
Tersebut adalah jenis-jenis nada telepon yang diciptakan agar pesawat telepon dan sentral dapat berhubungan berhubungan maka dibuat pensinyalan yang seperti disebutkan diatas.

Sumber : Rahmad Fauzi Suherman.2006.Jaringan Telekomunikasi
0 Komentar untuk "Jenis-jenis Nada Telepon dalam Sistem Telekomunikasi"
Back To Top