Perangkat lunak smartphone blackberry

Make a Star With OpenGL | Membuat Bintang dengan OpenGL


How to make Star with openGL (Bagaimana Membuat bintang 2D dengan menggunakan openGL)

Untuk membuat bintang 2D dengan memanfaatkan openGL sangat mudah, yang perlu diperhatikan adalah letak koordinat objek-objek 2D. Dalam membuat segitiga 2D ini membutuhkan setidak-tidaknya 2 buah bentuk objek abstrak yaitu objek segitiga dan objek segiempat. Segitiga dibuat dengan menggunakan pernyataan seperti berikut

glBegin(GL_TRIANGLES);                                           
            glVertex3f( 0.14f, -0.3f, 0.0f);
            glVertex3f( 0.3f, -0.12f, 0.0f);                     
            glVertex3f( 0.1f, -0.1f, 0.0f);
      glEnd();
Membuat segitiga dengan objek yang merupakan objek primitif. Yaitu dinyatakn dengan glBegin(GL_TRIANGLE). Kemudian membuat titik sudut segitiga dinyatakan dengan glVertex3f(x,y,z). Karena segitiga memiliki 3 titik sudut maka membuat glVertex3f(x,y,z) sebanyak 3, untuk titik nomor 1, 2, dan 3. Kemudian harus membuat glEnd() untuk menunjukkan akhir dari pernyataan pembuatan segitiga 2D. Untuk membuat bintang membutuhkan 5 segitiga yang memiliki koordinat berbeda sehingga membentuk sebuah bintang. Penambahan glBegin(GL_TRIANGLES) ditambahkan sebelum glEnd() dengan koordinat yang berbeda-beda yang dapat ditentukan sendiri sehingga hanya ada satu buah glEnd() dalam 5 segitiga.

               
Kemudian diberikan dengan segi empat atau poligon agar kotak hitam yang berada di tengah hilang. Bentuk pernyataannya adalah seperti berikut
glBegin(GL_QUADS);                                                      glVertex3f( 0.1f, -0.1f, 0.0f);
            glVertex3f( -0.1f, -0.1f, 0.0f);
            glVertex3f( -0.16f, -0.4f, 0.0f);                          
            glVertex3f( 0.16f, -0.4f, 0.0f);                           
            glEnd();
glBegin(GL_QUADS) menunjukkan dimulainya membuat sebuah segi empat. Karena segi empat memiliki 4 titik sudut maka diberikan 4 titik kordinat untuk membuat 4 titik sudut tersebut. Koordinat dapat ditentukan sesuai keinginan. glEnd() menunjukkan akhir dari segi empat.

Demikian hasil yang dapat dibuat dari beberapa objek 2D.Download filenya disini
0 Komentar untuk "Make a Star With OpenGL | Membuat Bintang dengan OpenGL"
Back To Top