How to make Star with openGL (Bagaimana Membuat bintang 2D
dengan menggunakan openGL)
Untuk membuat bintang 2D dengan
memanfaatkan openGL sangat mudah, yang perlu diperhatikan adalah letak koordinat
objek-objek 2D. Dalam membuat segitiga 2D ini membutuhkan setidak-tidaknya 2
buah bentuk objek abstrak yaitu objek segitiga dan objek segiempat. Segitiga
dibuat dengan menggunakan pernyataan seperti berikut
glBegin(GL_TRIANGLES);
glVertex3f( 0.14f, -0.3f,
0.0f);
glVertex3f( 0.3f, -0.12f,
0.0f);
glVertex3f( 0.1f, -0.1f,
0.0f);
glEnd();
Membuat segitiga dengan objek yang merupakan objek primitif. Yaitu dinyatakn
dengan glBegin(GL_TRIANGLE). Kemudian
membuat titik sudut segitiga dinyatakan dengan glVertex3f(x,y,z). Karena segitiga memiliki 3 titik sudut maka
membuat glVertex3f(x,y,z) sebanyak
3, untuk titik nomor 1, 2, dan 3. Kemudian harus membuat glEnd() untuk menunjukkan akhir dari pernyataan pembuatan segitiga
2D. Untuk membuat bintang membutuhkan 5 segitiga yang memiliki koordinat
berbeda sehingga membentuk sebuah bintang. Penambahan glBegin(GL_TRIANGLES) ditambahkan sebelum glEnd() dengan koordinat yang berbeda-beda yang dapat ditentukan
sendiri sehingga hanya ada satu buah glEnd()
dalam 5 segitiga.
Kemudian diberikan dengan segi empat atau poligon agar kotak hitam yang
berada di tengah hilang. Bentuk pernyataannya adalah seperti berikut
glBegin(GL_QUADS); glVertex3f( 0.1f, -0.1f, 0.0f);
glVertex3f( -0.1f, -0.1f, 0.0f);
glVertex3f( -0.16f, -0.4f, 0.0f);
glVertex3f( 0.16f, -0.4f, 0.0f);
glEnd();
glBegin(GL_QUADS) menunjukkan
dimulainya membuat sebuah segi empat. Karena segi empat memiliki 4 titik sudut
maka diberikan 4 titik kordinat untuk membuat 4 titik sudut tersebut. Koordinat
dapat ditentukan sesuai keinginan. glEnd()
menunjukkan akhir dari segi empat.
Demikian hasil yang dapat dibuat dari beberapa objek 2D.Download filenya disini
0 Komentar untuk "Make a Star With OpenGL | Membuat Bintang dengan OpenGL"