Perangkat lunak smartphone blackberry

Jangan Khawatir, Lulusan Akuntansi Sangat Menjanjikan Lho

Buat yang sekarang sedang konsentrasi di jurusan akuntansi kalian tidak perlu cemas memikirkan tentang masa depan kalian saat nanti lulus kuliah, beberapa chanel dibawah ini mungkin dapat menjadi sumber referensi kedepan bagi kalian.

Profesi akuntan dibagi menjadi dua :
AKUNTANSI PENDIDIK
Profesi ini bertugas dalam pendidikan, seperti mengajar dan menyusun kurikulum serta melakukan penelitian dan pengembangan akuntansi, contohnya Dosen dan pengajar SMK

AKUNTANSI NON PENDIDIK
Sebagai profesi akuntan dalam negeri:
a. Akuntan Publik (Public Accountant)
Adalah akuntan yang telah mendapatkan izin dari Menteri Keuangan RI, jadi mereka bekerja bebas dan umumnya mendirikan suatu kantor akuntan.

b. Akuntan Intern (Internal Accountant)
Akuntan yang bekerja dalam perusahaan atau lembaga yang bertugas khusus di bidang akuntansi intern untuk membantu pengelola perusahaan.

c. Akuntan Manajemen/ Perusahaan
Tugas yang dikerjakan adalah penyusunan sistem akuntansi, penyusunan laporan akuntansi kepada pihak intern maupun ekstern.

d. Akuntan Pemerintah (Government Accountant)
Akuntan yang bekerja pada badan atau lembaga pemerintah seperti di BPKP, BPK, Direktorat Jenderal Pajak, dan lain-lain.

e. Konsultan SIA/ SIM, dan lain-lain.
Akuntan yang pekerjaannya memberikan konsultasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan sistem informasi dalam sebuah perusahaan.

Profesi akuntansi luar negeri
a. Certified Public Accountant (CPA)
CPA adalah gelar bagi akuntan yang telah lulus Uniform Certified Public Accountant Examination dan telah menempuh pendidikan di beberapa negara dan persyaratan pengalaman untuk sertifikasi sebagai CPA. Banyak anggota CPA berfungsi sebagai konsultan bisnis, masuk dalam industri kecil, menengah atau bahkan dalam pajak dan departemen audit.

b. Chartered Financial Analyst (CFA)
CFA adalah gelar profesi yang menunjukkan kompetensi dan integritas dalam bidang portfolio management dan investment analysis. Para pemegang CFA sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang antara lain dalam manajemen investasi, perusahaan konsultan, investment bankers, asuransi, dana pensiun, perbankan dan institusi keuangan lainnya.

c. CERTIFIED INTERNAL AUDITOR (CIA)
Kualifikasi CIA dimaksudkan untuk menunjukan pengetahuan profesional dari profesi audit internal. Banyak CIA sekarang adalah senior manajer audit internal, wakil presiden, direksi, dan kepala audit eksekutif di atas perusahaan-perusahaa­n MNC global yang memegang kontrol fungsi audit internal dimasing-masing perusahaan.

d. CERTIFIED GENERAL ACCOUNTANT (CGA)
Seorang CGA adalah akuntan profesional yang sangat memiliki keahlian di bidang keuangan, perpajakan, strategi bisnis, audit, manajemen dan kepemimpinan bisnis.

e. CHARTERED ACCOUNTANT (CA)
CA adalah lembaga profesional pertama yang dibentuk oleh para akuntan, awalnya didirikan di inggris pada 1854. CA bekerja disemua bidang bisnis dan keuangan. Beberapa CA malah terlibat dengan praktek umum, dan yang lain bekerja di sektor swasta dan ada pula yang dipekerjakan oleh badan pemerintah

Sumber:Dessi LA

0 Komentar untuk "Jangan Khawatir, Lulusan Akuntansi Sangat Menjanjikan Lho"
Back To Top